Langsung ke konten utama

Membaca Gambar Konstruksi : Denah, Potongan, Tampak, Rencana

 Membaca Gambar Konstruksi


Gambar konstruksi untukmerencanakan danmembuat suatu bangunan terdiri atas; gambar denah, gambar potongan, dan gambar tampak.


1. Gambar Denah

 

Gambar Denah

Denah merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu gambar konstruksi. Denah berasal dari kata latin “planum” yang berarti “dasar”. Lebih jauh diartikan sebagai lantai atau tempat dimana kita berpijak. Gambar denah sebenarnya adalah gambar potongan suatu bangunan dalam bidang datar dengan ketinggian antara ± 80–100 cm di atas lantai normal (lantai yang mempunyai ketinggian dari titik duga ± 0.00).

Tujuan pembuatan gambar denah adalah untuk menjelaskan ruangruang tiga dimensional yang direncanakan, baik dari segi hubungan maupun fungsinya. Oleh sebab itu, pada gambar denah memuat batas-batas ruang, arah dari membukanya pintu/jendela, notasi-notasi ketinggian lantai. Gambar denah tersebut informatif bila saat dilihat/dibaca dapat dirasakan dimensi dan keleluasaan ruang serta dapat mengenal fungsi ruang.

2. Gambar Potongan
Gambar potongan adalah gambar bangunan yang diproyeksikan pada bidang vertikal dan posisinya diambil pada tempat-tempat tertentu, terutama adalah duga lantai yang negatip (turun). Gambar potongan menunjukkan semua bahan-bahan, baik eksteriormaupun interior yang akan digunakan dan dilengkapi dengan petunjuk-petunjuk yang merupakan kunci dari sistem bangunan tersebut, seperti bagian-bagian mekanikal, plumbing, dan sebagainya. Fungsi gambar potongan adalah menunjukkan proporsi ruang interior dan penyelesaiannya.

Gambar potongan terdiri atas potongan melintang dan memanjang.

Gambar Potongan Melintang

Gambar Potongan Memanjang



3. Gambar Tampak
Gambar proyeksi orthogonal, sehingga secara grafis terlihat sebagai gambar dua dimensi yang datar. Gambar tampak terdiri atas empat sisi pandang, yaitu tampak muka, samping kiri, samping kanan, dan belakang.

Gambar tampak harus memperlihatkan:
a. Karakter dari bangunan itu sendiri.
b. Proporsi dan skala terhadap manusia (pemakainya).
c. Segi-segi lain yang menyangkut perihal ekspresi keindahan serta hubungannya dengan gambar denah dan gambar potongan yang memperlihatkan konstruksinya.

Gambar Tampak Muka

Gambar Tampak Samping Kiri

Gambar Tampak Belakang

Gambar Tampak Samping Kanan


 


4. Gambar Rencana
Gambar denah, potongan, dan tampak biasanya disatukan dalam satu kertas gambar sebagai satu kesatuan dari gambar rencana bangunan. Hal tersebut merupakan merupakan dasar dari pelaksanaan pekerjaan bangunan. Selain itu, keberadaan gambar-gambar tersebut diperlukan dalam mengurus IjinMendirikan Bangunan (IMB).

Gambar Rencana


MEMBUAT GAMBAR RENCANA..
A. Menggambar Proyeksi Bangunan
B. Menggambar Sketsa ..
C. Membuat Gambar Kerja dan Daftar Komponen .
D. Membaca Gambar Konstruksi.
1. Gambar Denah 
2. Gambar Potongan 
3. Gambar Tampak.
4. Gambar Rencana 


Selengkapnya : Teknik konstruksi Bangunan Gedung

Komentar



























Info Lain:

TESTIMONI Ahsana di WA

Ahsana Property Penipu ?


Didukung oleh: - Suwur - Tenda Suwur - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Global Mulia Perkasa - Grosir Sandal - AhsanaPro - Kuliner Suwur - Ahsana Property -

Informasi Perumahan Syariah :Afandi: 0812 3333 6118 (WA) : Faizah: 0858 0666 1138 (WA) :

Rumah Islami